Cara Merawat Sofa dan Rekomendasi Jasa Bengkel Sofa Terbaik

Cara Merawat Sofa dan Rekomendasi Jasa Bengkel Sofa Terbaik – Memiliki sofa yang bersih dan nyaman pasti menjadi idaman semua orang. Anda bisa mendapatkan semua itu jika selalu memperhatikan cara merawat sofa. Tanpa melakukan perawatan pada sofa, tentu tampilannya bisa sangat kusam dan tidak bisa awet.

Namun perlu Anda ketahui bahwa perawatan sofa itu tergantung dari bahan yang digunakan. Sofa bahan kulit memiliki perawatan yang berbeda dengan bahan kain atau lainnya.

Cara Merawat Sofa Kulit yang Kotor

Cara Merawat Sofa

Cara Merawat Sofa yang Kotor

  1. Jangan Biarkan Noda Berlama-lama

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa sofa terhindar dari segala jenis noda. Jika ada noda yang menempel maka Anda harus dengan segera membersihkannya.

Karena jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa berdampak buruk bagi bahan kulit sofa. Noda-noda yang wajib Anda bersihkan bisa berbagai macam seperti noda dalam bentuk cairan maupun padat.

Ketika dibiarkan lama bisa saja noda itu akan menempel lebih kuat ke kulit sofa dan lebih sulit lagi dibersihkan. Saat noda itu masih baru, Anda hanya cukup melakukan proses pembersihan sofa dengan kain yang lembut.

Jangan membersihkan dengan perlakuan yang terlalu keras. Karena bahan kulit lebih sensitif dengan perlakuan-perlakuan yang kasar.

  1. Jangan Mencuci Dengan Detergen

Kesalahan yang sering tidak disadari oleh para pemilik sofa adalah membersihkan dengan menggunakan detergen. Memang detergen memiliki bahan utama yang mampu mengangkat semua noda.

Tapi itu tidak berlaku untuk noda yang menempel pada furniture dengan bahan utama kulit. Detergen memiliki kombinasi bahan kimia yang tidak baik bagi bahan kulit pada sofa.

Jika Anda tetap saja menggunakan detergen untuk sofa maka efeknya akan meninggalkan spot gelap pada sofa tersebut. Tentu itu akan membuat penampilan sofa kulit jadi jelek dan tidak memiliki nilai sama sekali.

Untuk itu hindari penggunaan detergen saat membersihkan sofa.

  1. Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Bahan kulit pada sofa memang menampilkan kesan yang berbeda dibandingkan bahan lainnya. Bahan kulit bisa memunculkan penampilan yang lebih elegan dan tampak sangat mewah serta mahal.

Tapi banyak yang menempatkan sofa kulit di sembarang tempat tanpa memperhatikan arah cahaya matahari. Padahal jika itu dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan bahan kulit menjadi rusak dan penampilan sofa jadi tidak enak dipandang.

Nah cara merawat selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah hindari cahaya matahari langsung ketika menempatkan sofa. Usahakan menjauhkan sofa dari jendela atau bahkan di teras rumah dan perapian.

Panas yang dihasilkan akan menyebabkan kelembaban kulit sofa menurun. Sehingga bisa menimbulkan efek kering dan keriput pada sofa. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, kulit sofa akan pecah-pecah dan mengelupas.

Saat sofa kulit Anda sudah mulai mengelupas dan retak-retak, maka Anda bisa menghubungi Mandiri Sofa. Kami siap untuk memperbaiki sofa kulit Anda agar bisa kembali terlihat mewah, bernilai seni dan tampak mahal.

Tentu perbaikan akan disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Jika kulit sudah rusak cukup parah, maka Kami bisa menggantinya dengan yang baru. Jadi bisa tampil seperti sebuah sofa baru.

  1. Menjauhkan Dari Benda Tajam

Cara merawat selanjutnya adalah menjauhkan sofa dari benda-benda tajam seperti pisau. Karena bahan kulit akan sangat mudah sekali sobek ketika terkena sayatan kecil benda tajam.

Jika sudah sobek, solusi yang paling Kami sarankan adalah mengganti dengan kulit yang baru. Sebab walaupun ditambal masih bisa meninggalkan bekas yang membuat tampilannya kurang memuaskan.

Benda-benda tajam bisa Anda jauhkan terutama jika di rumah ada anak kecil. Biasanya mereka akan mudah sekali coba-coba memainkan benda tajam seperti pisau. Agar sofa awet dan lebih aman, Anda bisa melapisi sofa kulit dengan kain pelindung yang nyaman.

Mengingat cara memperbaiki sofa kulit yang sobek hanya bisa dilakukan dengan menggantinya. Jika Ingin mengganti bahan kulit luar, Anda bisa menggunakan jasa Kami, Mandiri Sofa.

  1. Memberikan Lotion Khusus

Selain itu, Anda juga harus selalu memberikan lotion khusus atau pelembab sofa kulit. Lotion khusus ini paling tidak Anda usapkan dengan merata ke semua bagian sofa sekali dalam tiga bulan. Ini bertujuan untuk menjaga agar sofa tetap tampil bagus.

Selain itu lotion juga membantu kelembaban sofa kulit tetap terjaga. Sehingga bisa menghindari risiko bahan kulit yang kering, retak-retak atau bahkan sampai sobek.

Tips & Rekomendasi Tempat Perawatan Sofa Berbahan Kain

Cara Merawat Sofa

Cara Merawat Sofa dengan baik

  1. Gunakan Vakum Cleaner

Berbeda dengan sofa berbahan dasar kulit, cara pembersihan sofa kain memiliki teknik tersendiri. Sebab bahan kain berbeda karakter dibandingkan dengan bahan kulit. Cara pembersihan yang bisa Anda lakukan cukup dengan menggunakan Vakum Cleaner saja.

Sebab kotoran yang sering ada pada sofa kain tersebut biasanya dalam bentuk debu-debu dan kotoran kecil. Selain itu mencuci sofa dengan air secara langsung juga tidak memungkinkan.

Sehingga cara yang sangat direkomendasikan adalah dengan menggunakan Vakum Cleaner. Jadi debu-debu yang berada di balik serat kain bisa terangkat dengan maksimal tanpa harus mengorbankan sofa yang terkena air.

  1. Segera Bersihkan Jika Ada Kotoran Basah/Kering yang Menempel

Layaknya pada sofa kulit, Anda juga harus segera membersihkan noda atau kotoran yang ada pada sofa kain. Sebab jika tidak segera Anda bersihkan maka akan menempel dengan kuat dan sulit dihilangkan.

  1. Jemur Bantalan Kursi

Selain melakukan pembersihan pada setiap bagian dari kursi sofa, Anda juga harus merawat bantalan sofa secara rutin. Mengingat bantalan ini juga sering digunakan saat sofa tersebut diduduki. Jadi harus dirawat dengan rutin agar tidak rusak dan tetap nyaman digunakan.

Perawatannya sangat mudah sekali yaitu jemur saja bantalan tersebut di bawah sinar matahari langsung. Paling tidak lakukan penjemuran sebanyak sekali dalam sepekan dengan waktu penjemuran saat terik selama 1 jam saja.

Pukul-pukul bantalan tersebut agar debu-debu bisa terbang dan isi bantalan bisa rata kembali serta tidak kempes.

  1. Tempatkan Pada Posisi yang Terjaga Dari Sinar Matahari

Jika dibandingkan sofa kulit vs sofa kain, maka bahan kain terbilang tidak akan retak-retak ketika terkena sinar matahari langsung. Namun tidak berarti Anda bisa menempatkan sofa kain dimana saja.

Karena Anda harus tetap menjauhkan sofa dari matahari secara langsung dalam waktu lama. Perlu dipahami meskipun cenderung lebih kuat dibandingkan sofa kulit, ternyata warna sofa kain bisa memudar jika terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung.

Agar sofa kain tetap bagus, Anda wajib meletakkannya di tempat yang jauh dari sorotan matahari langsung. Tapi ketika warna sofa kain sudah mulai memudar, Anda bisa mengganti lapisan luar di Mandiri Sofa.

Kami menawarkan banyak sekali pilihan warna untuk sofa kain dengan kualitas bahan yang terbaik. Hasil pengerjaan juga dijamin sangat bermutu tinggi.

Ketika sofa Anda mengalami masalah karena cara merawat sofa yang salah atau sudah berumur, bisa hubungi Kami Mandiri Sofa. Anda bisa mengunjungi website mandirisofa.com atau langsung ke alamat kami di Perumahan Green Permata I, RT03 RW 09, Jl. Sukaraya Cibitung Bekasi. Bisa juga melakukan konsultasi ke kontak Kami di 081-510-277-505.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

× Whatsapp Kami